Konseling IVF - #IVFJourney





Senin, 23 Februari 2015, saya dan suami melakukan konseling IVF sebagai langkah awal keseriusan kami mewujudkan rencana bayi tabung. Kami bertemu dengan konselor yang sudah sangat paham dengan seluk-beluk bayi tabung. Satu jam tiga puluh menit kami berbincang semua tentang bayi tabung, dari mulai hal-hal yang urgent sampai yang tek-tek-bengek. Hihi.. Sekarang kami tau tentang bayi tabung bukan lagi sekedar "katanya", tapi tau lebih dalam dari ahlinya. 

Selama konselor menjelaskan dengan rinci, sempat pikiran saya melayang dan berkata dalam hati, "Terimakasih Yaa Allah, Engkau pilih kami untuk bisa mengenalMu lebih jauh. Hebat sekali para dokter ini bisa menciptakan terobosan teknologi seperti ini. Dan Engkaulah yang menciptakan para dokter itu. Betapa luas ilmuMu Yaa Allah... Maha Suci Engkau Yaa Allah". Tak henti hati ini memuja asmaMu Yaa Allah, saking terpana dengan hal-hal detail yang konselor jelaskan pada kami. Penjelasannya seperti apa, cekidot....




Diawal pembicaraan,konselor nanya, kenapa saya dan suami berencana bayi tabung?
Saya jelaskan tentang riwayat laparoscopy dan tube removed di desember 2012. Juga riwayat TB yang menyerang kedua tube falopy, dan pengobatan 9 bulan yang sudah selesai saya jalani. 
Lalu, konselor mulai menjelaskan step by step bayi tabung.

Untuk istri :
1.       Hari ke 2-12 disuntik Rec FSH
2.       Hari ke 7-12 disuntik Cetrotide
3.       Hari ke 12 disuntik hCG
4.       Hari ke 6, 8, 10, 12 cek lab untuk mengetahui kondisi ovum
5.       Hari ke 14 Pick Up Ovum
6.       Hari ke 17 Embrio Transfer

Untuk suami : 
1.       Hari ke 2 Setor uang 50%. Hahaha...
2.       Hari ke 14 Setor uang 50% (lagi). Hahaha...
3.       Hari ke 14 Setor Sperma ^^

Untuk detailnya saya banyak yang udah lupa, apalagi istilah-istilah medis. Ceritanya udah mengendap 2 minggu, jd pada lupa.

Yang paling saya ingat tips-tips dari konselornya :
  • Jangan STRESS. Ini faktor yang paling penting. Karena stress ini akan mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh. Dan dalam proses bayi tabung ini mayoritas adalah proses rekayasa hormon. Hormon akan dikondisikan sedemikian rupa untuk menunjang terbentuknya embrio dan bisa di transfer ke dalam rahim dengan baik.
  • Rutin Olah Raga. Yup, hampir setahun ini saya sudah memilih renang sebagai olah raga pilihan saya. Semoga bisa membantu.
  • Ikhlas dan Tawakal. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Keberhasilan bayi tabung seluruh dunia adalah 40%. Kecil jika dibandingkan angka sempurna 100%. Tetapi jika dibandingkan dengan wanita yang hamil secara normal dalam satu siklus pasca pernikahan, itu nilainya 20%. Bayi tabung bisa memberikan probabilitas 2kali lipat. Tapi terlepas dari hitung-hitungan tadi, balik lagi, semua Allah SWT yang menentukan. Apapun hasilnya, itu hak prerogratif Allah Azza wa Jalla.
Untuk cerita lebih detail step by stepnya, insyaAllah nanti selama proses saya sempatkan untuk terus update perkembangannya.


Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, "Jadilah!", maka jadilah sesuatu itu. ~ QS. Yaasin : 82



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. Thanks sharing 'dari sumbernya langsung" ini ya ceu. Jadi lebih tau, karena biasanya cm lewat buku or browsing. Keep sharing ^^

    ReplyDelete